April Siswa Tetap Ikuti Ujian

Bagikan Ini ke:

BATURAJA TIMUR – Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, siswa kelas XII akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Tahun ini, pemerintah menghapus UN berdasarkan Surat Edaran (SE) Mendikbud No 1/2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Ketua MKKS SMK OKU Eddy Dharmansyah, S.Pd M.Si melalui Wakil Ketua MKKS SMK OKU Drs. Arief Basuki MT mengatakan, sebanyak 1.580 siswa SMK kelas XII akan mengikuti ujian pada April mendatang.

“Oleh karena itu, sekolah dapat menyesuaikan jadwal ujian sesuai kebutuhan masing – masing,” jelas Arief.

Sedangkan untuk uji kompetensi keahlian, terang Arief, dilaksanakan sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku. “Walaupun UN ditiadakan siswa harus tetap belajar karena kelulusan siswa ditentukan dari Ujian Sekolah. Sedangkan khusus SMK, nilai kelulusan ditambah dengan nilai Uji Kompetensi,” jelasnya.

Sponsor

Ia menambahkan, untuk ujian sekolah dilaksanakan dalam bentuk portofolio evaluasi atas nilai rapot, nilai sikap/ perilaku, prestasi sebelumnya. Kemudian, penugasan, tes secara luring atau daring, dan/atau bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh sekolah juga dinilai.

Berita Terkait :  Menpan RB Tekan Kepala Daerah. Ada Apa ?

“Untuk standarisasi kualitas soal ujian sekolah,
Disdik Sumsel mengkoordinasikan penyusunan kisi – kisi soal oleh guru – guru terbaik. Diharapkan, kisi-kisi tersebut dapat digunakan sekolah sebagai panduan dalam menyusun soal. Sekolah dapatmenyusun kisi – kisi dan soal secara mandiri,” pungkas Arief yang juga merupakan kepala SMKN 1 OKU. (jr8-oku ekspres)

Lihat di Video MENAKAR