Bayern Muenchen Juara Piala Dunia Antar Klub 2020

Bagikan Ini ke:

QATAR – Sukses Bayern Munich menjuarai Piala Dunia Antarklub 2020, membuat klub Bundesliga itu kini menyamai rekor Barcelona. Memenangkan enam trofi dalam satu edisi.

Bayern menyegel gelar juara Piala Dunia Antarklub edisi 2020 usai mengalahkan klub Meksiko, Tigres UANL di final yang berlangsung di Education City Stadium (Al Rayyan), Qatar, Jumat (12/2/2021) dini hari WIB.

Bayern yang merupakan juara Liga Champions Eropa musim lalu, sebenarnya cukup kerepotan meladeni perlawanan sengit dari juara Liga Champions zona Concacaf itu.

Meski Bayern sangat dominan dalam penguasaan bola dan banyak menciptakan peluang tapi mereka kesulitan membobol gawang klub asal Meksiko itu. Pada menit ke-18, Joshua Kimmich sempat menaklukkan kiper Tigres, Nahuel Guzman. Tapi gol itu dianulir wasit setelah melihat layar VAR.

Tendangan Kimmich dianggap lebih dulu mengenai Robert Lewandowski yang berdiri padaposisi offside. Alhasil, babak pertama pun berakhir tanpa gol. Pada menit 59, Bayern akhirnya unggul lewat sepakan Benjamin Pavard dari jarak dekat.

Gol ini bermula dari umpan silang Kimmich ke kotak penalti yang membuat Lewandowski dan Guzman berebut bola udara.

Guzman gagal menghalau bola dan jatuh tepat di depan Pavard. Bek sayap asal Prancis itu kemudian melepaskan tendangan voli dari jarak dekat ke gawang yang sudah kosong. Skor 1-0 untuk The Bavarian.

Pemain pengganti Douglas Costa nyaris menggandakan keunggulan Bayern pada menit ke-85. Tapi kali ini Guzman tampil brilian menggagalkan gelandang asal Brasil itu.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk Bayern tidak berubah. Tim besutan Hans Flick pun berhak atas gelar juara Piala Dunia Antarklub 2020 yang seharusnya digelar pada Desember tahun lalu. Ini merupakan gelar keenam Bayern untuk edisi 2020, setelah sebelumnya menjuarai Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions Eropa musim 2019/2020.

Lalu memenangi Piala Super Eropa dan Piala Super Jerman 2020 pada September tahun lalu. Dan terbaru Piala Piala Dunia Antarklub 2020.

Bayern pun menyamai prestasi Barcelona yang memenangi enam gelar pada tahun 2009. Kala itu, Barca menjuara La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol dan Piala Dunia Antarklub 2009.

Sponsor

Sepanjang sejarah, hanya dua klub ini yang mampu meraih enam gelar dalam satu edisi. Namun Barcelona lebih spesial karena mengangkat keenam trofi itu dalam satu tahun kalender yang sama.

Sementara Bayern harus menunggu hingga Februari tahun berikutnya untuk gelar keenamnya karena Piala Dunia Antarklub 2020 ditunda akibat pandemi Covid-19. (/pojoksatu)

Lihat di Video MENAKAR