Belum Ada Pelantikan Kepala Daerah Terpilih

Bagikan Ini ke:

Diterbitkan Senin, 15 Februari 2021 : 23:04 WIB ,

Palembang–Pelantikan bupati dan wakil bupati hasil pilkada Desember 2020, belum jelas. Pasalnya, sampai H-2 jadwal masih belum ada tanda-tanda akan dilakukan pelantikan.

Sponsor

Sponsor

Padahal sebelumnya Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, pelantikan dilakukan serentak di Griya Agung pada 17 Februari 2021.

Ketua DPD PDIP Sumsel, HM Giri Ramanda NK mengatakan, sampai saat ini dirinya belum tahu apakah pelantikan dilakukan sesuai jadwal atau ditunda. Karena pihaknya belum menerima informasi atau undangan berkaitan hal tersebut.

“Infonya belum ada dan kita juga masih menunggu. Sesuai instruksi Mendagri, bila masa jabatan kepala daerah berakhir, sementara kepala daerah baru belum dilantik, maka diisi sekda setempat,” jelas Giri, Senin (15/02/2021).

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Sumsel ini mengatakan, karena kondisi covid, maka besar kemungkinan pelantikan dilakukan secara sederhana dan terbatas.

“Bisa jadi parpol tidak diundang dalam acara sakral tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan pelantikan dilakukan secara virtual,” jelasnya.

Pernyataan sama disampaikan Sekretaris DPD Gerindra Sumsel, Sujarwoto. Menurutnya sampai saat ini partainya belum mendapat informasi, ataupun undangan terkait pelaksanaan pelantikan kepala daerah terpilih.

“Kalau biasanya Parpol dan anggota dewan dari daerah setempat diundang dalam acara pelantikan. Namun, sejauh ini belum dapat informasi atau undangan mengenai pelantikan,” katanya.

Karena tidak adanya pernyataan yang jelas, maka banyak yang berpendapat kalau pelantikan digelar serentak. “Mungkin pelantikan digelar secara serentak bersama 4 daerah lain yang masih sengketa. Yang jelas, kapanpun pelantikan akan digelar, kami yakin itu yang terbaik,” katanya.

Sponsor

Sebelumnya Gubernur HD berharap proses pelantikan Kepala Daerah terpilih sesuai jadwal ditetapkan sebelumnya. “Kalau saya sih inginnya on schedule, kalau bisa tepat waktu ya, pada 17 Februari mendatang semua Kepala Daerah terpilih bisa dilantik,” katanya beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, alasannya menginginkan pelantikan tersebut tepat waktu, agar pihak Kabupaten/Kota dapat segera mengeksekusi anggaran yang telah ditetapkan. (opa/PALPOS)

Sponsor