Belum Ideal, OKU Hanya Miliki 37 Pengawas Sekolah

Bagikan Ini ke:

Diterbitkan : MENAKAR.COM Kamis, 18 Februari 2021 : 0:09 WIB ,

BATURAJA TIMUR – Saat ini, Kabupaten OKU memiliki 37 pengawas sekolah. Jumlah ini dinilai masih kurang. Berdasarkan data Disdik OKU, jumlah pengawas SD sebanyak 17 orang pengawas SMP sebanyak 12 orang, dan penilik PAUD/TK sebanyak 8 orang.

Kepala Disdik OKU H Teddy Meilwansyah S.STP MM mengakui, Kabupaten OKU masih kekurangan pengawas sekolah. “Jumlah pengawas sekolah di Kabupaten OKU belum ideal. Kekurangan pengawas sekolah ini hampir terjadi di seluruh daerah,” jelas Teddy.

Berita Terkait :  Usai Pengukuhan, SMSI OKU Selatan Diminta Inovatif

Teddy mengatakan banyak faktor yang membuat Kabupaten OKU kekurangan pengawas sekolah. Salah satunya adalah syarat untuk menjadi pengawas sekolah yang cukup memberatkan.

Sponsor

“Selain itu, ada wacana Kemendiknas, pengawas akan dikembalikan menjadi guru karena masih banyak daerah yang kekurangan guru. Apabila kebijakan ini diwujudkan, maka tugas pengawas akan diserahkan
kepada kepala sekolah,” ujar Teddy.

Berita Terkait :  Pria Mabuk di Makasar Tembak Bocah

Pengawas sekolah bertanggung jawab untuk mengawasi kepala sekolah dan pengajaran oleh di sekolah binaan. “Peran pengawas sangat diperlukan,” pungkasnya. Dalam rekrutmen, calon pengawas masih berstatus sebagai guru dengan pengalaman mengajar paling sedikit 8 tahun atau pernah menjadi kepala sekolah/madrasah paling sedikit 4 tahun. “Serta lulus seleksi calon pengawas sekolah,” tegas Teddy. (jr8/okes.co.id)

Lihat di Video MENAKAR