Mirip Sabuk Pengaman, Teknologi Ini Diklaim Mampu Selamatkan Pengendara Motor

Bagikan Ini ke:

OTOMOTIF, Perusahaan terkenal dibidang otomotif di negara Italia mengajukan paten sandaran punggungyang mengunakan tali penahan mirip sabuk pengaman pada mobil.

Alat tersebut diklaim berfungsi jika saat terjadinya kecelakaan, pengendara dapat melepas motor mereka untuk menghindari terjadinya cedera yang lebih parah.

Keungungulan lainnya, para teknisi Italdesign juga melengkapi sistem sabuk pengaman dengan perangkat lunak guna mendeteksi kapan waktu yang tepat untuk melepaskan peralatan dari sepeda motor. seperti dikutip otomotif RideApart.

Simulasinya, pengendara menabrak kendaraan lain, komputer onboard bisa mengambil keputusan untuk mengunci pengendara di tempatnya. Tujuannya adalah menghindari tabrakan tambahan dengan kendaraan itu sendiri.

Sebaliknya dalam kecelakaan kecepatan tinggi, sistem mampu mengeluarkan pengendara untuk mengurangi kemungkinan cedera.

Sejak terjun ke dunia otomotif pada 1968, Giugiaro melalui perusahaannya yaitu Italdesign telah merancang sejumlah kendaraan. Mulai Ducati 860 GT hingga Suzuki RE5. Namun saat ini pihak perusahaan tengah fokus merancang sebuah desain yang fokus pada keselamatan berkendara sepeda motor.

Namun, belum diketahui paten tersebut akan diproduksi secara masal.(12/tek/ReideApart)

Bagikan Ini ke: