Syarat Pembuatan SIM Hilang, Berapa Biayanya ?

Bagikan Ini ke:

OTOMOTIF–Bagi pemohon pembuatan SIM baru karena hilang, persyaratan utama yang harus dipenuhi adalah surat kehilangan dari kepolisian. Kemudian pemohon diminta mengisi persyaratan lainnya. Nah biar tidak bingung berikut tat cara mengurus Surat Ijin Mengemudi yang hilang.

Setelah mengurus laporan kehilangan. Lalu, surat keterangan tersebut wajib diurus untuk menyatakan secara resmi bahwa memang kehilangan SIM.

Selain itu, pemohon wajib membawa KTP asli sebagai salah satu syaratnya. Untuk prosesnya, sama seperti saat melakukan perpanjangan masa berlaku SIM pada umumnya.

Untuk pembuatan surat SIM Baru karena kehilangan. Pemohon tidak diwajibkan atau tidak sama sekali menjalani berbagai tes seperti tes teori, tes psikologi, ataupun tes praktik layaknya ketika membuat SIM baru.

Bisa dibuatkan duplikasinya, Namun datanya masih ada dan SIM yang hilang masih berlaku. Kalau ada fotokopinya SIM yang hilang lebih bagus.

Mengenai biaya yang harus dibayar, sama seperti biaya untuk perpanjangan masa berlaku SIM sesuai dengan golongan SIM tersebut, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Biaya SIM yang akan dibebankan kepada pemohon sebesar Rp 80.000 untuk SIM A dan SIM B. Sedangkan untuk pemohon SIM C dikenakan biaya sebesar Rp 75.000.(*net)

Bagikan Ini ke: