BPPTKG Bagikan Video Kilatan Mirip Meteor Jatuh di Gunung Merapi

Bagikan Ini ke:

Diterbitkan menakar.com | 28 Mei 2021

MENAKAR.COM–Kehebohan akan kemunculan peristiwa kilatan cahaya diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi, Yogyakarta.Viral di Media sosial. (28/05).

Akun Instagram @gunarto_song. membagikan tangkapan gambar tersebut. Sepintas obyek panjang bercahaya berwarna hijau kebiruan melintas jatuh mengarah ke sekitar kawasan puncak Gunung Merapi.

Terlihat dalam foto, obyek panjang bercahaya berwarna hijau kebiru-biruan tertangkap kamera dan terlihat mengarah di sekitar puncak Gunung Merapi. keterangan di foto tersebut menyebutkan, Foto tersebut ia ambil dari Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta, pada Rabu (27/5/2021) pada pukul 23.07 WIB.

tangkapan layar @BPPTKG

Informasi yang dikutip dari laman resmi akun twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), mengonfirmasi adanya kilatan cahaya yang tertangkap kamera CCTV pemantau Gunung Merapi.

“Hari ini di media sosial beredar foto yang ditengarai foto benda langit yang sedang jatuh di sekitar Gunung Merapi.
Waktu tertangkapnya kilatan cahaya tersebut sesuai dengan waktu pengambilan foto oleh fotografer Gunarto.”

Kamera CCTV yang berada di Deles, sisi timur Gunung Merapi, sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB. Kamis (28/5/2021).

“Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB.” tulis akun BPPTKG. (12/tekno)

Bagikan Ini ke: