Sarankan Akik Biru Langit Jadi Icon Baturaja

Bagikan Ini ke:

Baturaja, menakar.com – Kabupaten Oku hingga saat ini belum menentukan icon. Padahal, ketika kabupaten besar ini belum mekar, tugu beras di Pasar Atas Baturaja, jadi icon.

Namun, setelah pemekaran tugu beras dirobohkan. Karena, tugu tersebut dinilai menjadi simbol lumbung beras di kabupaten berjuluk sebimbing sekundang waktu itu. Pemekaran membuat lumbung beras pindah kabupaten Oku timur (dulu kecamatan Martapura).

Beberapa tahun belakangan, sejumlah fasilitas di kabupaten Oku, digadang-gadang sebagai icon. Diantaranya, jembatan ogan 1, tugu Adipura serta tugu batu pasar atas pengganti tugu beras.

“Tapi tiga fasilitas itu, belum mewakili Baturaja sebagai ibukota kabupaten, ” ujar Mimin, warga kelurahan Kemalaraja, kecamatan Baturaja timur, minggu (13/6).

Menurut dia, icon kabupaten harus benar-benar sesuatu yang fantastis. Paling tidak sesuatu yang langka dan tidak ada dimiliki daerah lain, serta singkron dengan nama Baturaja.

“Mungkin lebih pas-nya batu akik biru langit. Batu langka yang sudah dikenal di Indonesia bahkan dunia, ” sebutnya.

Batu yang diduga hanya ada di kecamatan Lengkiti ini, bisa dijadikan icon. Tentu mencari batu ukuran besar, tidak mudah. Terlebih pasca demam akik beberapa tahun silam, penambangan terjadi di kawasan itu.

“Bikin saja reflikanya. Ini loh rajanya batu. Cocok dengan nama daerah, Baturaja atau raja(nya)batu, ” pungkasnya. (13)

Foto : Mustofa/menakar.com
Jembatan ogan I dinilai warga sebagai icon kota Baturaja. Namun, sayangnya jembatan serupa mudah dijumpai di kabupaten lain. Warga menyarankan, agar batu akik biru langit sebagai icon.
Bagikan Ini ke: