Banyak Desa Terkendala Upload Data SDGs

Bagikan Ini ke:

Diterbitkan menakar.com | 17 Juni 2021


Baturaja,menakar.com | Batas waktu pengumpulan laporan pemuktahiran data atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang diminta menteri Desa, secara nasional  akan berakhir pada 30 Juni  2021.


Artinya, ada sekitar 14 hari lagi  sisa waktu untuk melakukan upload data secara daring. Namun, sebanyak 22 Desa yang terdapat di kecamatan lengkiti, kabupaten Ogan Komering Ulu. Terhitung tidak sampai setengahnya yang telah berhasil mengupload data dimaksud. 


“Baru ada 10 data pemuktahiran desa yang sudah berhasil diupload, sedangkan sisanya 12 desa terkendala dengan masalah jaringan,” ungkap Camat Lengkiti Yoyin Arifianto saat dikonfirmasi di baturaja, Selasa, (15/6).


Dia menuturkan, kendala tersebut dikarenakan masalah faktor jaringan internet yang saat ini diakses di desa tertentu  konektivitasnya belum stabil. Sehingga, menyebabkan waktu upload dokumen sering mengalami kegagalan dan prosesnya lama.


Hal senada, disampaikan oleh kepala desa Negeri Ratu kecamatan lengkiti  Zainal Ali, yang menyebutkan jika pendataaan juga mengalami kendala. Dijelaskan Zainal, masalah pada tahap pertama  belum selesai, karna masalah server.
“Belum selesai, kami cek mungkin server penerimanya atau dari mana saat ini masih  dicari pokok permasalahannya,” tukasnya.

 Namun, Ia menambahkan  jika jaringan stabil pengiriman data tidak begitu susah. 


Dikatakannya, jika masih  belum menemukan solusi terkait kendala tersebut. maka, nanti tim perangkat desa kemungkinan melakukan transfer data dari kota Baturaja.


“Jika perlu,  untuk mendapatkan jaringan yang stabil, nanti tim dari perangkat desa bisa saja ke Kota, jika itu masalahnya soal jaringan internet,” tegasnya. (12)

Bagikan Ini ke: