Iklim Investasi Sumsel Terbaik

MENAKAR.COM – Ditengah pandemi covid-19 saat ini, Provinsi Sumsel disebut-sebut masih menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi perekonomian terbesar dan iklim investasi terbaik di Pulau Sumatera.

Bahkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020 lalu, perekonomian Sumsel tumbuh -0,11 persen dan masuk dalam 6 besar pertumbuhan ekonomi nasional.

Gubernur Sumsel H Herman Deru, melalui Asisten III Bidang Administasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel Prof Edward Juliartha mengatakan, capaian tersebut dapat diraih tak lepas dari peran semua pihak yang terus mendorong berbagai sektor ekonomi agar tetap produktif. Salah satunya yakni masih menggeliatnya swasembada pangan di Sumsel.

“Tahun 2020, Sumsel mencatatkan pertumbuhan ekonomi membanggakan, salah satu sektor tetap tumbuh pada masa pandemi ini adalah sektor pertanian. Sebagian besar penduduk Sumsel hidup dari sektor ini,” kata Edward pada pembukaan webinar internasional praktik baik pemulihan ekonomi lokal di Jepang dan Jerman, serta dialog nasional penguatan sinergi pemerintah, pemerintah daerah, di Palembang, Rabu (24/02/2021) malam.

Dimana tiga komoditas seperti beras, jagung dan kedelai merupakan komoditas pangan yang tidak lagi diimpor dari daerah maupun negara lain.

“Selain lumbung pangan beras, jagung dan kedelai, Sumsel juga diperhitungkan pada tingkat Nasional sebagai produsen karet, kelapa sawit dan kopi terbesar di Indonesia, penghasil komoditas kelapa, cabai, bawang merah, jeruk, daging sapi dan makanan ringan dengan bahan dasar daging ikan,” paparnya.

Berita Terkait :  KPK RI Berupaya Lindungi Kepala Daerah

Selain itu, lanjutnya, Sumsel juga berhasil mewujudkan diri sebagai salah satu perintis kemandirian energi di Indonesia.

Sponsor

Diketahui, untuk sumber energi batubara, cadangan yang terdapat di Sumsel pada tahun 2020 berjumlah kurang lebih 20 milyar ton, potensi ini berkontribusi 40% produksi Nasional, dengan pertambangan batubara yang tersebar pada 7  Kabupaten dan 1 Kota yaitu Prabumulih.

“Kesuksesan Sumsel dalam membangun dan membina posisi prestisius sebagai lumbung energi tentunya tidak terlepas dari variabel fundamental berupa melimpahnya potensi sumber energi yang tersedia,” ujarnya. (rel)

Lihat di Video MENAKAR