Oli Mesin Motor Bocor, Kenali Faktor Penyebab dan Solusinya

Bagikan Ini ke:

OTOMOTIF–Kebocoran Oli mesin kerap terjadi pada motor, Hal inipun banyak dikeluhkan oleh pemilik umumnya sepeda motor. Namun, seperti dikutip menakar.com dari 100Kpj, banyak faktor penyebab kebocoran oli mesin motor.

Salah satunya kesalahan dalam mengukur isi pelumas. Pada setiap mesin motor terdapat informasi banyaknya takaran oil, sehingga pemilik motor harus dapat menakar sesuai kapasitas yang telah ditentukan. Jika itu melebihi kapasitas, tentu ini menjadi faktor penyebab awal kebocoran oli mesin. bisa menggunakan dipstick (tutup mesin Oli) untuk mengukurnya.

Sponsor

Sponsor

Perlu diketahui bahwa komponen seal ini terbuat dari karet yang jika terpapar oleh panas terus menerus akan membuat teksturnya menjadi keras. Hal inilah yang kemudian menyebabkan komponen tersebut dapat retak sewaktu-waktu. Jika sudah demikian, solusi utamanya adalah melakukan penggantian pada komponen seal dengan yang baru.

Berita Terkait :  Kebiasaan Mematikan Mesin Motor Matic dengan Standar, Bisa sebabkan Aki Tekor

Faktor berikutnya juga bisa dipengaruhi oleh packing mesin motor yang bocor. Hal ini biasanya disebabkan karena usia pakainya yang sudah cukup lama atau karena motor yang digunakan sudah tua.

Sponsor

Ini kerap terjadi pada motor yang usianya dirasa sudah tua, segera cek kondisi berbagai macam komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah packing mesin karena ia memiliki peran yang cukup vital bagi kendaraan.

Berita Terkait :  Kebiasaan Mematikan Mesin Motor Matic dengan Standar, Bisa sebabkan Aki Tekor

Karena jika oli dibiarkan bocor atau merembes begitu saja, lama kelamaan kuantitas oli dalam motor akan berkurang bahkan hingga habis seluruhnya. Tentu hal tersebut akan menghambat kinerja mesin dan membuatnya tidak maksimal dalam bekerja.(*)

Sponsor