Ribuan Hektar Sawah Padi Digerogoti Hama

Bagikan Ini ke:

 Menakar.com–Hama wereng menyerang persawahan yang tengah panen besar beras merah dan putih di desa Ganessa Mukti, Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin.

Kepala Desa Ganessa Mukti Tuwon mengatakan, panen beras merah mencapai 50 hektare itu termasuk juga wilayah Demplot yang dibuat bersama Badan Restorasi Gambut (BRG-RI).

Sponsor

Sponsor

Selain beras merah, beras putih juga panen di luas persawahan yang mencapai 1200 hektare pada wilayah Desa ini.

Untuk harga jualnya, beras merah yang masih menjadi gabah kering rata-rata petani menjual seharga Rp 8000 perkilonya. Sedangkan sudah menjadi beras merah bersih harganya mencapai Rp 15000 perkilonya.

” Awal tahun ini, beras merah yang dipanen mencapai 4 sampai lima ton dan harga beras merah mantap, tapi harga beras putih yang turun,” ucapny, Senin (22/2).

Tuwon menilai, penurunan harga beras merah akibat adanya permainan harga para cukong beras. Karena harga perkilonya petani menjual ke penampung beras diwilayah kota Palembang seharga Rp 8000 perkilo turun dengan sampai Rp 7500 perkilonya.

| Cara Mengatasi Hama dan Macamnya

” Karena permainan harga itulah menurut saya turunnya harga beras putih.”ungkapnya.

Sponsor

Bukan hanya itu, para petani juga terkendala akan hama wereng yang terus menyerang dan saat ini secara bersama para petani membuat pembasmi hama dari bahan organik untuk memberantas hama itu.

“Semua wilayah persawahan di serang hama, upaya untuk berantasnya terus kita lakukan,”tutupnya.(bun/sumeks.co)

iklan

iklan

Sponsor